Kamis, 18 Maret 2010

rancangan sistem informasi nini salon menggunakan web

BAB I

PENDAHULUAN

I.1 Latar belakang

Salon merupakan salah satu kebutuhan masyarakat sekarang. Dengan adanya salon maka masyarakat akan kelihatan lebih menarik dan yang pasti dengan adanya salon orang-orang akan kelihatan lebih cantik.
“Nini Salon” merupakan salah satu salon yang berada di darah Bintaro. “Nini Salon” pun bukan hanya untuk kecantikan, perawatan dan untuk membuat menarik seseorang, akan tetapi salon pun untuk menyewakan baju pengantin, kebaya, jas, konde, dan lain-lain. Bahkan “Nini Salon” pun menyewakan tenda-tenda plaminan (atau seperti bangku, meja, kembang-kembang di ruangan, dan lain-lain), merias ruang penagntin, cathrinng / makanan pernikahan. Dan juga menyewakan untuk acara sunatan / khitanan.
Di “Nini Salon” pun menyewakan baju adapt-adat dari daerah yang ada di Indonesia. Misalkan seperti adapt jawa, Betawi, Sumatera, dan lai-lain. “Nini Salon” pun menyewakan pakaian adapt untuk anak-anak, biasanya pakaian adapt anak-anak untuk acara karnaval, acara adapt ataupun untuk memperingati hari K. a KArtini.
“NIni Salon” pun membuka tempat kursus salon seperti kursus merias pengantin, nyanggul, potong rambut, dan lai-lain. Dengan mendapatkan ijin dari Depdiknas, maka “Nini Salon” mrmberanikan diri untuk membuka kursus salon khususnyarias pengantin.
“Nini Salon” bias dibilang sudah cukup dikenal oleh masyarakat sekitar karena telah buka hamper 15 tahun. Hanya mengandalkan plat nama dipinggir jalan dan dari mulut ke mulut atau menggunakan cara manual yang sudah memakai jasa “Nini Salon”. Setelah hamper 15 tahundi rasa kurang melakukan promosi / penawaran jasa-jasa “Nini Salon”, maka saya melakukan promosi / penawaran melalui media internet yaitu WEB. Karena internet sekarang sudah menjadi salah satu media yang dilakukan hamper setiap orang untuk melakukan / mencari informasi-informasi yang up-to-date. Dengan hampirnya semua orang menggunakan internet, maka saya melakukan promosi dengan media ini. Dan sehubungan dengan makin berkembangnya teknologi yang ada saat ini. Karena alas an diatas maka timbul ide untuk memasarkan “Nini Salon” melalui internet.
Dengan menggunakan media internet tidak hanya masyarakat saja yang mengetahui adanya “Nini Salon”, akan tetapi semua masyarakat di seluruh Indonesia dapat mengetahui adanya “Nini Salon”, dan dengan internet / web pun dapat memesan / melakukan panggilan untuk memakai jasa-jasa “Nini Salon” baik itu rias pengantin, penyewaan tenda-tenda pernikahan / khitanan, plaminan, cathring makanan, kursus rias pengantin, dan lai-lain.

I.2 Tujuan

Daripada tujuan pembuatan web ini adalah untuk mempermudah melakukan promosi terhadap “Nini Salon” agar lebih dikenal hal layak. Sehingga “Nini Salon” dapat berguna bagi masyarakat sebagaimana yang tersedia jasa di salon tersebut. Selain itu juga dengan adanya sistem jasa yang dapat dilakukan secara on-line melalui internet denagn menggunakan website.

I.3 Batasan masalah

Menggunakan software HTML FOX PRO, Adocbc dan SQL server untuk databasenya.

1.4 Sistem penulisan

Penulisan akan dilakukan sesuai dengan sistem sebagai berikut :

BAB I. PENDAHULUAN

Berisi latar belakang, tujuan, batasan masalah yang akn digunakan untuk membuat aplikasi website promosi ini.

BAB II. TINJAUAN PUSTAKA

Berisi tentang konsep web, bahasa dan data base.

BAB III. PEMBAHASAN

Berisi tentang gambaran umum “Nini Salon” dan rancangan umum pembuatan website ini.

BAB IV. PENUTUP

Berisi kesimpulan dan saran terhadap “Nini Salon”


BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

Konsep web yang digunakan adalah
• Pembuatan website menggunakan software HTML sebagai bahasa pemrogramanya.
• Pembuatan database menggunakna SQL server dan koneksi database menggunakan Ado.net

BAB III

PEMBAHASAN

“Nini Salon” merupakan jasa yang menyediakan berbagai jasa, seperti perawatan tubuh, rias pengantin, potong rambut, dan lai-lain. Adapun struktur organisasinya adalah sebagai berikut :


Pemilik salon


Karyawan/pegawai

Bagian administrasi/kasir




Rancangan umum /fungsi system pemasaran jasa adalah sebagai berikut :

TELEPHON MASUK ATAU PESAN EMAIL/ MARKETING


ADMINISTRASI


EDP


MEMASUKKAN DAFTAR PESANAN


BAB IV

PENUTUP

Kesimpulan dan saran :



oleh :
umi barokah 32107041
rani H.

0 komentar: